KRITIK ARSITEKTUR
Jenis-Jenis Kritik Arsitektur adalah
1. Kritik Terukur
2. Kritik Normatif3. Kritik Interprektif
4. Kritik Tipikal
5. Kritik Impresionis
6. Kritik Deskriptif
1. KRITIK TERUKUR
Kritik Pengukuran menyatakan satu penggunaan bilangan atau angka hasil berbagai macam observasi sebagai cara menganalisa bangunan melalui hukum-hukum matematika tertentu.
• Norma pengukuran digunakan untuk memberi arah yang lebih kuantitatif. Hal ini sebagai bentuk analogi dari ilmu pengetahuan alam.
• Pengolahan melalui statistik atau teknik lain akan mengungkapkan informasi baru tentang objek yang terukur dan wawasan tertentu dalam studi.
• Bilangan atau standard pengukuran secara khusus memberi norma bagaimana bangunan diperkirakan
pelaksanaannya.
• Standardisasi pengukuran dalam desain bangunan dapat berupa :
Ukuran batas minimum atau maksimum, Ukuran batas rata-rata (avarage), Kondisi-kondisi yang dikehendaki
Contoh : Bagaimana Pemerintah daerah melalui Peraturan Tata Bangunan menjelaskan beberapa sandard
normatif : Batas maksimal ketinggian bangunan, sempadan bangunan, Luas terbangun, ketinggian pagar yang
diijinkan
• Adakalanya standard dalam pengukuran tidak digunakan secara eksplisit sebagai metoda kritik karena masih belum cukup memenuhi syarat kritik sebagai sebuah norma
Contoh :
Bagaimana Huxtable menjelaskan tentang kesuksesan perkawinan antara seni di dalam arsitektur dengan bisnis investasi konstruksi yang diukur melalui standardisasi harga-harga.
• Norma atau standard yang digunakan dalam Kritik pengukuran yang bergantung pada ukuran minimum /maksimum, kondisi yang dikehendaki selalu merefleksikan berbagai tujuan dari bangunan itu sendiri.
• Tujuan dari bangunan biasanya diuraikan dalam tiga ragam petunjuk sebagai beikut:
Tujuan Teknis ( Technical Goals)
Tujuan Fungsi ( Functional Goals)
Kesuksesan bangunan dipandang dari segi standardisasi ukurannya secara teknis
Contoh :
Sekolah, dievaluasi dari segi pemilihan dinding interiornya. Pertimbangan yang
perlu dilakukan adalah :
1. Stabilitas Struktur
• Daya tahan terhadap beban struktur
• Daya tahan terhadap benturan
• Daya dukung terhadap beban yang melekat terhadap bahan
• Ketepatan instalasi elemen-elemen yang di luar sistem
2. Ketahanan Permukaan Secara Fisik
• Ketahanan permukaan
• Daya tahan terhadap gores dan coretan
• Daya serap dan penyempurnaan air
3. Kepuasan Penampilan dan Pemeliharaan
• Kebersihan dan ketahanan terhadap noda
• Timbunan debu
Berkait pada penampilan bangunan sebagai lingkungan
aktifitas yang khusus maka ruang harus dipenuhi melalui
penyediaan suatu area yang dapat digunakan untuk
aktifitas
Pertimbangan yang diperlukan :
• Keberlangsungan fungsi dengan baik
• Aktifitas khusus yang perlu dipenuhi
• Kondisi-kondisi khusus yang harus diciptakan
• Kemudahan-kemudahan penggunaan,
• Pencapaian dan sebagainya.
Bangunan tidak saja bertujuan untuk menghasilkan lingkungan yang dapat berfungsi dengan baik tetapi juga lebih kepada dampak bangunan terhadap individu dan Kognisi mental yang diterima oleh setiap orang terhadap kualitas bentuk fisik bangunan. Behaviour Follow Form
• Lozar (1974), Measurement Techniques Towards a Measurement Technology in Carson, Daniel,(ed) “Man-Environment Interaction-5” Environmental Design Research Association, menganjurkan sistem klasifikasi ragam
elemen perilaku dalam tiga kategori yang relevan untuk dapat memandang kritik sebagai respon yang dituju :
Persepsi Visual Lingkungan Fisik
• Menunjuk pada persepsi visual aspek-aspek bentuk bangunan. Bahwa bentuk-bentuk visual tertentu akan
berimplikasi pada kategori-kategori penggunaan tertentu.
Sikap umum terhadap aspek lingkungan fisik
• Hal ini mengarah pada persetujuan atau penolakan rasa seseorang terhadap berbagai ragam objek atau situasi
• Hal ini dapat dipandang sebagai dasar untuk mengevaluasi variasi penerimaan atau penolakan lingkungan lain terhadap keberadaan bangunan yang baru.
Perilaku yang secara jelas dapat diobservasi secara langsung dari perilaku manusia.
• Dalam skala luas definisi ini berdampak pada terbentuknya pola-pola tertentu (pattern) seperti : Pola pergerakan, jalur-jalur sirkulasi, kelompok-kelompok sosial dsb.
• Dalam skala kecil menunjuk pada faktor-faktor manusia terhadap keberadaan furniture, mesin atau penutup permukaan.
• Teknik pengukuran dalam evaluasi perilaku melalui survey instrumen-instrumen tentang sikap, mekanisme
simulasi, teknik interview, observasi instrumen, observasi langsung, observasi rangsangan sensor.
Tujuan Perilaku ( Behavioural Goals)
Pada kesempatan kali ini saya akan menggunakan metode terukur pada bangunan pendidikan sekolah Dharma Bangsa Bandar Lampung.
Telepon : -
Fax : 771556
Email : sma@darmabangsa.sch.id
Website : http://www.darmabangsa.sch.id
Operator : 1
Sekolah Darma Bangsa adalah Sekolah Nasional di Provinsi Lampung, didirikan pada tahun 2007 di bawah naungan PT. DARMA BANGSA EDUKASI, dengan Akte Pendirian : No. W600135 HT.01.01-TH.2007. Lokasi sekolah sangat strategis, terletak di jantung ibukota Provinsi Lampung, yaitu Bandar Lampung.
Tepatnya di Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No.93A., Rajabasa, Bandar Lampung. Sekolah Darma Bangsa menyelenggarakan pendidikan antara lain :
Taman Kanak - Kanak, Sekolah Dasar (elementary school-No.SK.421/2238.a/08/2007), Sekolah Menengah Pertama (junior high school-No.SK.421/2238.b/08/2007) dan Sekolah Menengah Atas (senior high school-No.SK.421/2238.b/08/2007), dengan izin operasional yang diterbitkan oleh Dinas Pendidikan dan Perpustakaan Pemerintah Kota Bandar Lampung.
Keseluruhan program pendidikan mengacu kepada peraturan kurikulum nasional.
Kelebihan sistem pendidikan kami dengan sistem pendidikan pada umumnya adalah terletak pada sistem pendidikan kurikulum, sistem pengajaran, sistem belajar siswa dan bimbingan konseling.
Dengan dukungan sarana dan prasarana pendidikan termodern, dan tenaga-tenaga pengajar handal baik dari dalam maupun luar negeri.
Di sekolah kami juga memberikan kegiatan ekstrakurikuler yang mendukung aktifitas dan kreatifitas siswa didik, dan dalam kegiatan proses belajar mengajar kami menggunakan beberapa bahasa pengantar, yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Mandarin.
Pada kesempatan kali ini saya akan menggunakan metode terukur pada bangunan pendidikan sekolah Dharma Bangsa Bandar Lampung.
Nama : DHARMA BANGSA
NPSN : 10809885
Alamat : JL ZA PAGAR ALAM 93 A
Kode Pos : 35142
Desa/Kelurahan : Gedong Meneng
Kecamatan/Kota (LN) : Rajabasa
Kab.-Kota/Negara (LN) : Kota Bandar Lampung
Propinsi/Luar Negeri (LN) : Lampung
Status Sekolah : SWASTA
Waktu Penyelenggaraan : Pagi
Jenjang Pendidikan : SMA
Link Terkait Master Referensi
Naungan : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
No. SK. Pendirian : 421/2238.a/08/2007
Tanggal SK. Pendirian : 1900-01-01
No. SK. Operasional : Perlu Update
Tanggal SK. Operasional :
File SK Operasional : Perlu Update
Akreditasi : A
No. SK. Akreditasi : Ma. 008493
Tanggal SK. Akreditasi : 30-12-2010
No. Sertifikasi ISO : Belum bersertifikat
Luas Tanah : 6,035 m2
Akses Internet : Lainnya
Sumber Listrik : PLN & Diesel
Telepon : -
Fax : 771556
Email : sma@darmabangsa.sch.id
Website : http://www.darmabangsa.sch.id
Operator : 1
Sekolah Darma Bangsa adalah Sekolah Nasional di Provinsi Lampung, didirikan pada tahun 2007 di bawah naungan PT. DARMA BANGSA EDUKASI, dengan Akte Pendirian : No. W600135 HT.01.01-TH.2007. Lokasi sekolah sangat strategis, terletak di jantung ibukota Provinsi Lampung, yaitu Bandar Lampung.
Tepatnya di Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No.93A., Rajabasa, Bandar Lampung. Sekolah Darma Bangsa menyelenggarakan pendidikan antara lain :
Taman Kanak - Kanak, Sekolah Dasar (elementary school-No.SK.421/2238.a/08/2007), Sekolah Menengah Pertama (junior high school-No.SK.421/2238.b/08/2007) dan Sekolah Menengah Atas (senior high school-No.SK.421/2238.b/08/2007), dengan izin operasional yang diterbitkan oleh Dinas Pendidikan dan Perpustakaan Pemerintah Kota Bandar Lampung.
Keseluruhan program pendidikan mengacu kepada peraturan kurikulum nasional.
Kelebihan sistem pendidikan kami dengan sistem pendidikan pada umumnya adalah terletak pada sistem pendidikan kurikulum, sistem pengajaran, sistem belajar siswa dan bimbingan konseling.
Dengan dukungan sarana dan prasarana pendidikan termodern, dan tenaga-tenaga pengajar handal baik dari dalam maupun luar negeri.
Di sekolah kami juga memberikan kegiatan ekstrakurikuler yang mendukung aktifitas dan kreatifitas siswa didik, dan dalam kegiatan proses belajar mengajar kami menggunakan beberapa bahasa pengantar, yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Mandarin.
Vision
Building lifelong learners for the 21st century who are “Smart”, “Dynamic” and “Bright”Mission
To instill students with knowledge and skills to become creative citizens locally and globally through the dedication of caring and professional staff in an attractive, stimulating, bilingual, learner-centered, and technology-rich school environment.FASILITAS
Gedung Ntk |
Gedung Smp dan Sma |
Kantin |
Area Parkir |
Musholla |
Resepsionis |
Halaman Belakang |
Taman Bermain |
Koridoor Gedung |
Studio Band |
Lab Kimia Dan Biologi |
Lab Komputer Smp dan Sma |
Lab Komputer SD |
NTK Montesori |
Ruang Kelas Smp dan Sma |
Ruang Belajar NTK |
Ruang Belajar SD |
Toilet |
Lift |
Loker Siswa |
Perpustakaan |
Klinik |
Daerah Sekolah Dharma Bangsa,terletak dipinggiran jalan kota bandar lampung, dharma bangsa juga merupakan sekolah dengan berbagai jenjang pendidikan. mulai dari pendidikan jenjang NTK, SD, SMP, SMA. Di sana penzoningannya dibuat terpisah dan memiliki fasilitas lengkap.
NTK GYM Room |
Sementara itu di level tertinggi dari kawasan, terdapat sebuah lapangan futsal, lapangan basket sarana olahraga out door sekolah dan sebuah HALL pertunjukan, taman bermain, kolam renang. Terdapat pula sebuah bangunan utama sekolah yang berfungsi sebagai tempat administrasi, ruang guru, ruang kepala sekolah, serta ruang-ruang penunjang lain seperti galeri seni kriya anak, ruang komputer dan lainnya.
Hampir semua elemen bangunan Dharma Bangsa menggunakan material Beton dan Kaca , di antaranya pada: tiang, atap, tangga, balok, dinding dan lainnya. Kelas-kelas di Dharma Bangsa School didesain dengan pola pemanfaatan ruang . Artinya, memaksimalkan furniture yang masuk kedalam ruang dengan ditata rapih sehingga tidak terkesan sempit bahkan terlihat luas didalam ruangnya. Fasilitas lain di sekolah ini adalah mushollah, kantin, klinik, NTK gym Room.
Dharma Bangsa school menggunakan konsep minimalis pada tampak bangunan agar terlihat lebih elegan. tidak seperti sekolah-sekolah pada umumnya yang hanya berpatok pada satu bentuk dan hanya membedakannya dari segi warna pada dinding bangunan, mulai dari warna biru,hijau,coklat,putih,cream, dll. Dharma Bangsa School juga memakai 3 perpaduan warna seperti merah,biru dan kuning. dikarnakan sekolah Dharma Bangsa bertaraf Internasional jadi kebersihan setiap ruang sangat dijaga. mulai dari dinding atau ruang kelas, furniture dalam dan luar, seluruh lantai terutama dibagian koridor slalu terlihat bersih.
Kesimpulan :
Berdasarkan analisis dengan menggunakan metode terukur, dapat disimpulkan bahwa bangunan Dharma Bangsa school merupakan bangunan yang direncanakan dan dirancang dengan baik. Perencanaan konsep bangunan, penggunaan bahan material untuk struktur, interior, bahkan estetika yang tersusun dengan rapih dan baik , memberikan dampak dan kesan yang elegan dan mewah di dalam penggunaan tiap ruang dan area di dalam kawasannya. Peletakkan ruang-ruang, fasilitas, dan desain bentuk bangunan yang menerapkan pola minimalis,elegan dan mewah serta modern dan kaya akan teknologi.
0 komentar:
Posting Komentar